(62) 217402329 | Jl. Kemiri Raya No. 22 KOTA TANGERANG SELATAN BANTEN 15418

Faculty Member

PROGRAM PROFESSIONAL FACULTY MEMBER

Merupakan salah satu program unggulan Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid dalam bidang pembelajaran dan pengembangan pendidikan dikampus STP Sahid, melalui konsep Forum Discussion / Kuliah Umum yang berorientasi pada perkembangan dan kemajuan di industri, pemberian ide dan gagasan baru dalam pengembangan akademik, serta membantu memberikan motivasi kepada mahasiswa didalam kampus. Peserta Professional Faculty Member itu sendiri berasal dari alumni yang telah sukses di industri pada khususnya dan professional lainnya guna meningkatkan Tridharma Perguruan Tinggi.

BUDI PURNOMO

Hotel Manager favehotel Zainul Arifin

bla bala bala 

WISNUDAH KUSUMA

Restoraurant & Banquet Manager Artotel Thamrin Jakarta

Lorem ipsum amet dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Lorem ipsum dolor magna amet amet, consectetur adipisicing.

DARMAKIRTI

General Manager Paragonbiz Hotel Manager

“Berbagi ilmu kepada Junior di Almamater Tercinta”
Darmakirti; sejak tamat dari Akademi Pariwisata Sahid tahun 1987, ia langsung mendapatkan pekerjaan diberbagai hotel berbintang di Indonesia

STAN STEFANUS

Food & Beverages The Akmani Hotel Jakarta

Lorem ipsum amet dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Lorem ipsum dolor magna amet amet, consectetur adipisicing.

ALDIN FIRDAUS

Executive Assistant Manager The Akmani Jakarta

bla bala bala 

SETIYANTO SLAMET 

Executive Chef Hotel Horison/ Corporate Chef Metropolitan Land

Lorem ipsum amet dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Lorem ipsum dolor magna amet amet, consectetur adipisicing.

BUSTAMAR KOTO

General Manager The Mirah Hotel Bogor

Lorem ipsum amet dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Lorem ipsum dolor magna amet amet, consectetur adipisicing.

ROBERT ALEXANDER MONINGKA

Travel Consultant & Tour Leader

Lorem ipsum amet dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Lorem ipsum dolor magna amet amet, consectetur adipisicing.

RAHMAT KUSNEDI

Director Catur Mitra Kulina

“Networking menjadi modal utama dalam kesuksesan” Bagi para Pastry & Bakery Chef, sudah tak asing mendengar nama Chef Rahmat, Selain sebagai sebagai pendiri dia kini juga menjadi President IPA (Indonesia Pastry Alliance) sebuah organisasi yang menaungi semua pastry & bakery chef se-Indonesia.

RACHMAD SUGIYANTO

Director Intitama Mandiri Perdana

“SDM Pariwisata Indonesia harus lebih baik dari negara ASEAN lainnya” Hampir seluruh asesor kompetensi se-Indonesia, familiar dengan beliau, tentu saja dengan pengalamannya sebagai Master Asessor/Kompetensi ASEAN & BNSP membawa Rachmad Sugiyanto berkeliling Indonesia dan ASEAN untuk menciptakan asesor-asesor profesi yang berkompetensi.

Sekolah Tinggi Pariwisata | Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Terbaik di Indonesia - maya
maya

maya

Sabtu, 24 Pebuari 2018 dilaksanakannya “Workshop Photography” sebagai awal dari rangkaian kegiatan menyambut Hari Jadi Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Jakarta yang ke-35 yang bertempat di Batavia Market, Kota Tua, Jakarta dengan Tema “Indonesia Great Destination” yang dibuka oleh Ir. Kusmayadi, MM selaku Ketua STP Sahid Jakarta. Workshop ini diikuti oleh 55 peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi dan umum dan merupakan Sharing Faculty Member dan dukungan dari Ika Sahid (Ikatan Alumni STP Sahid) dapat menghadirkan pembicara  yaitu David Amaya yang merupakan alumni STP Sahid Jakarta Tahun 1988 dan berprofesi sebagai Tour Leader, Travel Photographer dan Owner Travel Agent serta menghadirkan Travel Photographer Professional lainnya yaitu Gathot Subroto. Dan kegiatan workshop tersebut dilanjutkan dengan lomba Photography yang berakhir pada tanggal 23 Maret 2018 dengan hadiah yang menarik yaitu 2 Tiket PP Jakarta – Singapore, kamera dan jaket bomber.

[STPS, Rabu 4 April 2018]. Bertempat di kampus Utama di Pondok Cabe, Mahasiswa Program Kuliah Gratis Pemerintah Daerah Sumatera Selatan (SUMSEL) Angkatan ke-3 dilepas Ketua STP Sahid untuk magang selama satu tahun di Jepang. Program Kuliah Gratis merupakan program unggulan Gubernur Alex Nurdin dalam meningkatkan sumberdaya manusia di Provinsi Sumatera Selatan.

SEKOLAH TINGGI PARIWISATA SAHID
JL. KEMIRI RAYA NO.22 PONDOK CABE KOTA TANGERANG SELATAN

Acara Puncak:
23-24 maret 2018
Pukul 08.00-18.00

SEMINAR, GREATE FESTIVALS, SPORT TOURISM AND ENTERTANMENT

Orientasi Pendidikan Untuk Magang ke Jerman

STP SAHID KAMPUS PONDOK CABE

TGL. 24-28 APRIL 2018
PUKUL 08:00-16:00

40 ORANG CALON MAHASISWA YANG AKAN MAGANG KE JERMAN TAHUN 2019

Pelatihan dan sertfikasi kompetensi bagi Awak Angkutan Darat Massal yang diselenggarakan atas kerjasama antara STP Sahid, PT Steady Safe, LSP LLAJ dan STTD 

Tempat

STP Sahid Kampus Pondok Cabe
Jl. Kemiri Raya No. 22 Kota Tangerang Selatan
Banten 15418

Waktu

Tanggal: 27-28 Februari 2018
Pukul: 800-17:00

Narasumber

KNKT, LSP LLAD, STTD, STPS.

Jurnal of Applied Science in Tourism (Jurnal Sains Terapan Pariwisata) is the most comprehensive national journal for all those concerned with the inovation and development of tourism aspect, such as tourism destination, hospitality and gastronomy.  It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the research based on a variety of methods, including qualitative, quantitative and mix-method approaches.

Since the tourism studies is composed of many disciplines (multidisciplinary, interdisciplinary and trandiciplinary) and become one of the world's largest and fastest growing international sectors, therefore the scope of the journal is national, international and encompasses research into tourism aspects as well as the development of new research approaches. It continues to include high quality research papers in any area of tourism, including reviews of literature in the field and empirical papers on tourism issues.

Thursday, 26 January 2017 22:52

Program Kami

Program PENDIDIKAN DI STP SAHID

Sekolah Tinggi pariwisata Sahid membuka program vokasi bidang perhotelan dan jasa perjalanan wiasata pada jenjang diploma satu sampai sarjana terapan pariwisata

PERHOTELAN (HOSPITALITY)

Program studi perhotelan, sekaran lebih dikenal dengan bisnis akomodasi,

USAHA PERJALANAN

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sed vel lorem mollis, posuere orci ac, sollicitudin ex. Suspendisse id tempus ligula. Donec at ornare lectus. Sed quis mattis augue.

PROGRAM INTERNASIONAL

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sed vel lorem mollis, posuere orci ac, sollicitudin ex. Suspendisse id tempus ligula. Donec at ornare lectus. Sed quis mattis augue.

Wednesday, 23 September 2015 07:58

Tampil Article

Artikel Terkait

Sabtu, 24 Pebuari 2018 dilaksanakannya “Workshop Photography” sebagai awal dari rangkaian kegiatan menyambut Hari Jadi Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Jakarta yang ke-35 yang bertempat di Batavia Market, Kota Tua, Jakarta dengan Tema “Indonesia Great Destination” yang dibuka oleh Ir. Kusmayadi, MM selaku Ketua STP Sahid Jakarta. Workshop ini diikuti oleh 55 peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi dan umum dan merupakan Sharing Faculty Member dan dukungan dari Ika Sahid (Ikatan Alumni STP Sahid) dapat menghadirkan pembicara  yaitu David Amaya yang merupakan alumni STP Sahid Jakarta Tahun 1988 dan berprofesi sebagai Tour Leader, Travel Photographer dan Owner Travel Agent serta menghadirkan Travel Photographer Professional lainnya yaitu Gathot Subroto. Dan kegiatan workshop tersebut dilanjutkan dengan lomba Photography yang berakhir pada tanggal 23 Maret 2018 dengan hadiah yang menarik yaitu 2 Tiket PP Jakarta – Singapore, kamera dan jaket bomber.

  • Jakarta, Minggu 24 September 2017, STP Sahid Jakarta yang diwakili oleh Bapak Murhadi,S.Kom, MM selaku Pembantu Ketua III menghadiri undangan acara 30 tahun silaturahmi dan kebersamaan APP/STP Sahid Jakarta tahun angkatan 1987 di SCENIC Resto Lounge yang mana Executive Chef nya Chef Kelana adalah alumni. Acara ini dibuka oleh Bapak Bambang Tohpati dan dihadiri oleh alumni-alumni yang telah mengharumkan STP Sahid Jakarta. Semoga STP Sahid Jakarta dan IKASAHID dapat selalu bersinergi dalam mengembangkan almamater tercinta.

  • Di setiap akhir tahun ajaran mahasiswa Tour and Travel Management melakukan kegiatan Tour 3 Negara, kegiatan tour ini merupakan aplikasi perkuliahan Pengelolaan Destinasi Wisata, Perencanaan Perjalanan Wisata, Tour Handling dengan mengunjungi negara ASEAN (Thailand, Malaysia dan Singapura). Tujuan dari kegiatan ini yaitu Mahasiswa mampu membuat paket wisata luar negeri,  mengetahui objek wisata serta budaya yang ada di negara tersebut, meningkatkan kepercayaan diri untuk dapat bersaing di dunia pariwisata serta dapat menjadi tenaga professional di bidang pariwisata khususnya Tour Guide. (DTO)

  • Lagi lagi STP Sahid meraih juara dalam lomba yang di ikuti, kali ini STP Sahid ikut berpartisipasi dalam TRISHCO, TRISHCO merupakan ajang kompetisi tingkat nasional yang dimaksud untuk memacu siswa SMK dan mahasiswa bidang pariwisata perhotelan dalam meningkatkan kualitas dalam proses dan hasil pembelajaran agar para siswa dan mahasiswa mampu memenangkan persaingan dan berkiprah di era globalisasi. TRISCHO merupakan ajang kompetisi tingkat nasional. Adapun tema yang ditetapkan adalah “Meningkatkan keahlian Sumber Daya Manusia Indonesia dalam era MEA” TRISHCO mempunyai berbagai macam kompetisi kategori Universitas/ Perguruan Tinggi antara lain Guiding Competition, Live Cooking Competition, Pastry Competition, Creative Table Set Up Competition,…

  • Dalam rangka peningkatan kualitas mahasiswa dibidang ektra kulikuler, Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Jakarta kembali tampil untuk mengisi kegiatan – kegiatan yang bersifat skala nasional. Pada hari kamis – Minggu, tanggal 9 – 12 Juni 2016, mahasiswa/i Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Jakarta kembali diminta oleh vendor Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia untuk mengisi acara besar kementrian dengan tema Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diselenggarakan di Jakarta Convention Centre yang diikuti oleh peserta dari Komunitas Pencinta Lingkungan Hidup se- Indonesia dan civitas Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang secara resmi dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Bapak Yusuf Kala. Kegiatan ektra kulikuler dari Tim Paduan Suara dan…

  •   Bandung, 12 Maret 2017 Dalam rangka 55 Tahun Dies Natalis Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung maka sebagai apresiasi kepada tokoh inspiratif yang berperan besar dalam dunia pariwisata di Indonesia, maka Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung memberikan penghargaan kepada 55 orang  yang berpengaruh dalam dunia pariwisata (55 Wonderful People For Wonderful Tourism). Suatu kebanggaan tersendiri khususnya bagi kami segenap civitas akademika Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Jakarta, Bapak Ir. Kusmayadi, MM selaku Ketua STP Sahid Jakarta terpilih sebagai salah satu tokoh inspiratif yang berpengaruh di dunia pariwisata. Penghargaan tersebut diberikan dalam acara The “Infinite” Courtesy Dinner Wonderful People for Wonderful  Tourism yang dilaksanakan…

  • Joko Yuwono, Mahasiswa program Beasiswa Unggulan Batc ke-7 dan anggota dari Sahid Food Production ini berhasil meraih peringkat ke-2 dalam perlombaan kategori Fauna Fruit Carving di salah satu universitas di Jakarta yang mengambil tema Soul Of Nation. Joko meraih posisi Runner Up tidak terlepas dari ketekunannya mendalami seni fruit carving dalam organisasi kemahasiswaan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM SFP) Sahid Food production salah satu organisasi kemahasiswaan yang berkecimpung dalam dunia memasak, baik itu Hot Cooking maupun Cold Cooking serta kemampuan lain yang terkait dengan dunia kuliner salah satunya fruit carving.   Recy Piala & Muhammad Naufal, dua mahasiswa Tahun akademik 2016/2017…

  •   Workplace Asesor (WPA) adalah pelatihan untuk mencetak para asesor kompetensi yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di bawah naungan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).  Pelatihan ini akan berlangsung mulai tanggal 15 sampai dengan 21 Mei 2016 di Kampus STP Sahid Pondok Cabe dan diikuti oleh 29 peserta dari berbagai kabupaten/kota di Indonesia diatarannya dari Samarinda (Kalimantan Timur), Pare-Pare (Sulawesi Selatan), Indramayu (Jawa Barat), Bitung (Sulawesi Utara) dan selebihnya dari Jabodetabek. Kebutuhan atas Asesor ini terus meningkat sejalan dengan meningkatkanya kebutuhan serfitikasi kompetensi tenaga kerja di kabupaten/kota untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di samping terbitnya Peraturan Menteri Pariwisata…

  • Kpop Expose Fest 2016 Mall Artha Gading Mall Artha Gading Jakarta menyelenggarakan Kpop Fest 2016 yang berlangsung selama 3 minggu. Dalam kegiatan Kpop Fest 2016 ini, STP Sahid kembali diundang untuk mengisi acara selama kegiatan ini berlangsung. Kegiatan pertama, diadakan pada hari selasa 12 April 2016 di main atrium mall artha gading. Acara pertama ini, diisi oleh UKM Sahid Food Production (SFP). pada kesempatan kali ini, STP Sahid melakukan cooking demo membuat makanan khas korea yaitu Bulgogi. Banyak pengunjung Mall Artha Gading yang antusias untuk melihat secara langsung pembuatan makaanan khas korea ini. Karena makanan ini dibuat langsung oleh mahasiswa…

Tuesday, 08 September 2015 06:29

Program Studi

SELURUH PROGRAM STUDI BERAKREDITASI 'A' DARI BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI

prodi hotel

PROGRAM PENDIDIKAN PERHOTELAN

(HOSPITALITY BUSSINESS)

Tourism

PROGRAM PENDIDIKAN HOSPITALITY

(TOURISM BUSINESS)

Sunday, 06 September 2015 14:26

Penerima Beasiswa TA 2015/2016

Selamat kepada para mahasiswa penerima beasiswa unggulan kementerian pendidikan dan kebudayaan melalui biro perencanaan dan kerja sama luar negri yang telah lolos seleksi dan dapat mengikuti proses perkuliahan di STP Sahid Jakarta Tahun Akademik 2015/2016 MAHASISWA YANG DINYATAKAN LULUS PROGRAM BEASISWA UNGGULAN TAHUN AKADEMIK 2015/2016.


 

  SESUAI SK No. 69461/A1.4/LN/2015. No.74564/A1.4/LN/2015 dan No.74288/A1.4/LN/2015
No Nama Mahasiswa Asal Sekolah Keterangan
1 Aris Ejuandri Miss SMKN 3 Kupang LULUS
2 Rakanda Rizky SMKN 57 Jakarta LULUS
3 Ummi Latifah SMKN 33 Jakarta LULUS
4 Dwi Rika Rahmawati SMKN 57 Jakarta LULUS
5 Ika Sulistyowati SMKN 57 Jakarta LULUS
6 Achmad Mustaghfirin Fahrezy SMK Pandawa Budi Luhur Jakarta LULUS
7 Annisa Arianty Putri Utomo SMKN 3 Bogor LULUS
8 Andi Deshinta Nur Ramadhani SMKN 8 Makasar LULUS
9 Fajar Isnan SMKN 32 Jakarta LULUS
10 Euis Ambarwati SMKN 1 Karanganyar Jawa Tengah LULUS
11 Bakhrul Ulum SMKN 27 Jakarta LULUS
12 Nadia Asyifa Septriani SMKN 24 Jakarta LULUS
13 Indah Kurnia Pangestu SMKN 3 Balikpapan LULUS
14 Septi Kusuma Widayati SMKN 1 Metro Lampung LULUS
15 Yoken Desto Brahmasta SMKN 1 Metro Lampun LULUS
16 Agus Setiawan SMKN 1 Metro Lampung LULUS
17 Angennisa Prima Meidina SMKN 3 Purworejo Jawa Tengah LULUS
18 Dinda Aisyah SMKN 4 Banjarmasin LULUS
19 Teguh Sebtu Udin SMKN 3 Singkawang LULUS
20 Lisa Kurniasari SMKN 1 Bawen Jawa Tengah LULUS
21 Ricka Wulandari SMKN 1 Bawen Jawa Tengah LULUS
22 Anisa Abdillah Fauziah SMKN 1 Bawen Jawa Tengah LULUS
23 Raehanun SMKN 1 Praya Lombok LULUS
24 Yunia Dwi Lestari SMKN 1 Praya Lombok LULUS
25 Wiwik Romansyah SMKN 1 Praya Lombok LULUS
26 Yoga Nugraha SMKN 3 Balikpapan LULUS
27 Nursada SMK Yapentob Toboali Bangka Selatan LULUS
28 Iin Dahlia SMK Yapentob Toboali Bangka Selatan LULUS
29 Lalu Kamariadi SMKN 1 Praya Lombok NTB LULUS
30 Angga Tri Putra SMKN 3 Pematangsiantar LULUS
31 Altisya Nurqisti SMKN 3 Pematangsiantar LULUS
32 Harsiwi Rachmawati SMKN 57 Jakarta LULUS
33 Rica Fathiya SMKN 57 Jakarta LULUS
34 Habil Mahudz Kosasih SMK Patria Wisata Jakarta LULUS
35 Thiara Zakiyana SMKN 2 Depok Jawa Barat LULUS
36 Devi Rinjani Merdekawati SMKN 1 Bawen Jawa Tengah LULUS
37 Lidya Sari SMKN 1 Sekayu Sumatera Selayan LULUS
38 Meka Sari SMKN 3 Sekayu Sumatera Selatan LULUS
Tuesday, 04 March 2014 05:01

Ujian Saringan Masuk

Monday, 03 March 2014 11:31

Kegiatan Akademik

Program Pendidikan yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid adalah Program Pendidikan Profesional di bidang kepariwisataan yang berlandaskan ILMU, AMAL, SHOLEH, serta memiliki Visi, Misi dan Tujuan  yang jelas dan bertanggung jawab melalui kegiatan akademik yang memenuhi standar internasional, didukung oleh dosen-dosen profesional serta sarana dan prasarana yang memadai.

Penyelenggaraan pendidikan mengacu pada kebutuhan industri kepariwisataan berstandar kompetensi dengan perbandingan teori 40% dan praktek 60% baik di bidang perhotelan maupun usaha perjalanan wisata. Untuk mempertajam kualitas keilmuan dalam proses belajar mengajar, mahasiswa didampingi oleh dosen-dosen praktisi dan ilmuan baik lulusan dalam maupun luar negeri, yang dihadapkan pada studi kasus aktual yang terjadi di industri sebagai sarana latihan. Disamping itu kewajiban setiap mahasiswa melaksanakan ON THE JOB TRAINING pada setiap semester akhir, sehingga dipastikan para lulusan siap bekerja dan berkarya di industri menurut profesi yang dimiliki.

Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid memiliki fungsi untuk menyelenggarakan :

  • Pendidikan profesional di bidang kepariwisataan;
  • Penelitian kepariwisataan;
  • Pengabdian kepada masyarakat;
  • Pembinaan sivitas akademika;
  • Pengelolaan administrasi.
Saturday, 26 October 2013 20:53

AKREDITASI 'A' untuk D3 PERHOTELAN

AKREDITASI A UNTUK D3 PERHOELAN

  Akreditasi A untuk program studi Perhotel jenjang D3 
   
Wednesday, 26 February 2014 23:39

Best Trainee

Suatu kebanggaan bagi STP Sahid jika mahasiswanya memperoleh berbagai capaian prestasi dalam berbagai bidang. BEST TRAINEE adalah salah satu harapan yang didambakan untuk mengukur tingkat keberhasilan mereka selama menjalankan Intership.

http://iaostpsahid.wix.com/internship#!news-and-events/c16s4

Tuesday, 20 September 2016 15:23

Peresmian Waroeng Prancis STP Sahid

Pondok Cabe, Rabu 14 September 2016

Waroeng Prancis (WP) merupakan tempat informasi mengenai Prancis bertempat di Perguruan Tinggi di Indonesia. Warung Prancis tidak hanya memberikan informasi mengenai kebudayaan Prancis, tetapi juga mengenai studi di Prancis serta beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Prancis. Saat ini, sudah dibuka 35 WP di Indonesia dan di STP Sahid merupakan yang ke-36 atau yang pertama di Sekolah Tinggi Pariwisata.

 

Workplace Asesor (WPA) adalah pelatihan untuk mencetak para asesor kompetensi yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di bawah naungan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).  Pelatihan ini akan berlangsung mulai tanggal 15 sampai dengan 21 Mei 2016 di Kampus STP Sahid Pondok Cabe dan diikuti oleh 29 peserta dari berbagai kabupaten/kota di Indonesia diatarannya dari Samarinda (Kalimantan Timur), Pare-Pare (Sulawesi Selatan), Indramayu (Jawa Barat), Bitung (Sulawesi Utara) dan selebihnya dari Jabodetabek.

Kebutuhan atas Asesor ini terus meningkat sejalan dengan meningkatkanya kebutuhan serfitikasi kompetensi tenaga kerja di kabupaten/kota untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di samping terbitnya Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif No.1 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Sertifikasi Usaha Pariwisata.  Dengan dilaksanakannya WPA ini diharapkan LSP STP Sahid jakarta turut andil dan berperan aktif dalam mencetak para asesor kompetensi di Seluruh Indonesia.

Untuk Informasi SERTIFIKASI silakan hubungi: Bu Suci: 089621151756. [m@ya]


Saturday, 09 April 2016 09:25

RAFLY JULIANSYAH: BANGGA JADI BARISTA

Rafly3Rafly Juliansyah Mahasiswa Program Work Based Learning STP Sahid

Awalnya tidak yakin dengan tagline EARN WHILE YOU LEARN yang ditawarkan STP Sahid ketika saya lulus SMKN 57 Jakarta tiga tahun silam.  Namun tidak terasa, saya sudah menyelesaikan Tugas Akhir untuk memperoleh Gelar Ahli Madya Pariwisata, padahal sehari-hari saya disibukkan dengan bekerja yang harus saya padukan dengan kuliah saya.  Belajar di sini bebas boleh ambil yang satu tahun, dua tahun, tiga tahun atau empat tahun.  Pada awal masuk STP Sahid saya mengambil program satu tahun melalui proigram Pendidikan Vokasi Berkelanjutan.  Program ini memberikan kesempatan saya kuliah sambil bekerja. Karena saya hobby dengan kofee, maka saya putuskan untuk belajar tentang kopi langsung di industri.  

Rafly1Pada mulayanya saya mendapat uang saku sebesar 2 juta atau sebesar Upah Minimum Regional (UMR). Saya pikir saya beruntung karena status saya adalah mahasiswa yang hasilnya bisa saya tabung untuk biaya kuliah.  Setelah selesai program satu tahun di STP Sahid, saya langsung ditawari bekerja untuk menjadi BARISTA dan langsung saya ambil tawaran tersebut.  Pada waktu yang bersamaan saya juga tetap mengikuti program dua tahun dan tiga tahun di Almamater saya.  Akhirnya saya semakin mahir dalam seni membuat sajian kopi dan medapatkan sebutah BARISTA.  Sampai saat ini saya masih menyukai pekerjaan ini dengan penghasilan 4-5 juta sebulan dan kuliahpun selesai.

Rafly merupakan anak kedua dari dua bersaudara dari pasangan Bapak Nasrudin Latif dan ibu Sofiah bertempat tinggal di Jl. Deplu Raya Bintaro ini, menyatakan bahwa KUNCI keberhasilannya adalah DISIPLIN DIRI baik di tempat kerja maupun di tempat kuliah.  Saya selalu mengikuti tahap demi tahap belajar yang ditetapkan oleh Manajemen STP Sahid dan yang menarik adalah STP Sahid mampu merancang kurikulum yang membuat saya master dalam pekerjaan saya.  Terima kasih dan Jayalah STP Shid. Salam, karena SAYA BANGGA JADI BARISTA.


 

Pondok Cabe, 22 Desember 2015 Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Jakarta bekerjasama dengan Ajinomoto dan majalah La Cuisine menggelar perlombaan memasak yang berbahan dasar tempe dengan tema: Exploring The Wonders of Umami. Tempe yang merupakan bahan makanan tradisional Indonesia ini dijadikan bahan dasar untuk main course dan snack, menantang para peserta lomba untuk mengerahkan kemampuannya dalam mengolah tempe menjadi berbagai macam menu yang dapat dikenal di dunia internasional. Sepuluh peserta telah lolos dari tahap sebelumnya yang mengundang 30 peserta dalam perlombaan ini.  

umamikonsepKonsep Rasa Gurih alias Umami

Adapun para dewan juri pada acara ini dihadiri ole: Dr. Asep Parantika (dari STP Sahid), Chef Aries Sumarhadi (dari Indonesian Chef Association), Indra Nur Cahyo (dari Ajinomoto). Keluar sebagai pemenang I untuk kategori Cooking, the best menu diraih oleh Ibnu Hasanudin (mahasiswa angkatan 2013) dengan mendapatkan beasiswa senilai Rp. 1.000.000,- dan Knife Set, pemenang II yaitu Wisnu Wardhana (mahasiswa angkatan 2014) dan pemenang III yaitu Desi Rafa (mahasiswa angkatan 2015), mendapatkan souvenir dari Ajinomoto. Pemenang the best Essay di raih oleh Sutikno (mahasiswa angkatan 2013) mendapatkan beasiswa Rp. 1.000.000,- ditambah knife set dan the best student diraih oleh M. Yusuf, Wisnu Whardana, Sherly Audin, Agus Setiawan dan Ummi Latifah, masing-masing mendapatkan beasiswa dari Ajinomoto masing-masing Rp. 5.000.000.,-. Selain pemberian beasiswa kepada para mahasiswa/i yang keluar sebagai pemenang, Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Jakarta juga mendapatkan dana bantuan pengembangan kitchen dan Pengembangan dosen dengan total Rp. 30.000.000,-. Terima kasih Ajinomoto semoga kerjasama yang telah dijalin dapat berlanjut dan berjalan lancar. Selamat kepada para pemenang.


Saturday, 26 December 2015 21:02

Kunjungan Duta Besar Fiji Ke Kampus STP Sahid

 

Rabu, 9 Desember 2015, Duta Besar Fiji,Seremaia Tuinausori Cavuilati mengunjungi kampus STP Sahid di Pondok Cabe. Kehadiran beliau selaian untuk memonitor mahasiswa asal Fiji di STP Sahid, Juga memberikan kuliah umum bagi civitas akademik ATP Sahid. Dalam kesempatan itu, beliau menyampaikan tentang perkembangan pariwisata di Fiji dan peluang kerjasama antara Indonesia dengan Fiji termasuk peningatan Kerjasama Pengembangan Sumberdaya pariwisata.

dubes2Dalam kunjungannya, beliau menyempatkan diri untuk berdialog dengan para mahasiswa asing yang kuliah Gastronomi dan Kebudayaan Indonesia di STP Sahid. Pada tahun ini, ada 11 mahasiswa asing yang menimba ilmu di STP Sahid yang berbasa dari berbagai negara yaitu: Fiji, Timor Leste, Norwegia, Folandia, Ukraina, Francis, Italia, Kyrgistan, Zimbwawe, Cekoslovakia, Venezuela.  Kesebelas mahasiswa tersebut belajar selama 12 bulan di STP Sahid, termasuk enam bulan magang di Industri.

Kurikulum yang disajikan terdiri atas gastronomi Indonesia yaitu mereka akan belajar filosofi makanan Indonesia sekaligus bagaimana cara mengolah dan menyajikannya.  Pengenalan bahan-makanan Indonesia yang secara tradisional adalah kearifan lokal yang di daerah asalnye tidak pernah mereka temukan.  Mata kuliah lainnya adalah Budaya dan Bahasa Indonesia.  Mereka, selain belajar bahasa, juga belajar kesenian dasar Indonesisa seperti gamelan dan alam musik lainnya.

Setelah enam-tujuh bulan di Kampus, mereka ditempatkan di Industri seperti hotel-hotel di Jakarta, Yogyakarta dan Bali.  Selain itu, mereka juga ada yang belajar di bidang pariwisata.


Saturday, 26 December 2015 10:58

STP Sahid Jakarta Ramaikan Mall Artha Gading

 

Pada hari Jum’at hingga Hari Rabu Tanggal 18-23 Desember 2015 STP Sahid turut bekerja sama dengan Mall Artha Gading untuk meramaikan acara perayaan Natal dan Tahun Baru (Indoor)  dan acara Kampung Jajanan Betawi  (Outdoor) yang diselenggarakan oleh management Mall Artha Gading (MAG). Berbagai rangkaian acara pun di create oleh STP Sahid mulai dari  Lomba Membuat canape, kids cooking class hingga Berbagai macam demo yang ditampilkan oleh mahasiswa/i STP Sahid.

Mall2

Pada Hari jum’at tanggal 18 Desember 2015 di Hall Milenium MAG, STP Sahid mengadakan Demo Masakan Khas untuk Natal yakni Ratatouile, Chrismast Roast Chicken dan Creamy Potato. Tentu saja pengunjung mall sangat berantusias untuk mengikuti demo tersebut.

Pada Hari Minggu tanggal 20 Desember 2015 di Area Outdoor tepatnya di Acara Kampung Jajanan Betawi (KJB), STP Sahid mengadakan Lomba Membuat Canape yang peserta nya merupakan pengunjung dari acara tersebut, acara yang semarak diikuti mulai dari perlombaan kategori anak-anak hingga orang dewasa.

Yang lebih seru lagi dan lebih banyak rangkaiannya yakni pada hari senin tanggal 21 Desember 2015 di area Hall Milenium,  STP Sahid mengadakan Fruit Carving Demo dengan Tema Natal dan Tahun Baru, demo masak dessert makanan Puding Ubi Ungu, demo berbagai macam cara membuat napkin serta table set up untuk meja acara natal dan yang paling seru ialah jugling show oleh Sahid Bartending Club yang membuat pengunjung mall artha gading terpukau.

Tidak hanya demo masakan untuk ibu – ibu STP Sahid juga membuka kelas untuk anak – anak untuk ikut andil belajar masak makanan yang sehat dan mewarnai gambar bertemakan kitchen pada acara kids cooking class yang diselenggarakan pada hari selasa tanggal 22 Desember di Hall Milenium Mall Artha Gading. Pada hari yang sama pula di area outdoor Unit Kegiatan Mahasiswa Sahid Bartending Club akan membuat minuman khas betawi yakni Peletok olada dan ada pula Demo masakan jajanan khas betawi yakni kue lumpur dan kue kembang goyang oleh mahasiswa/i Unit Kegiatan Mahasiswa Solidaritas Sosial Mahasiswa.

Kemeriahan acara ini akan ditutup oleh demo masakan khas betawi yakni nasi ulam dan dessert selendang mayang yang diadakan di area outdoor pada acara Kampung Jajajan Betawi pada hari rabu tanggal 23 Desember 2015.



Saturday, 26 December 2015 10:03

Wisuda ke-29, Tanggal 16 Desember 2016

 

Wisuda Mahasiswa/i Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Jakarta ke-29 pada tanggal 16 Desember 2015 diselenggarkan oleh Sidang Terbuka Senat Sekolah Tinggi.  Pada kesempatan itu diwisuda sebanyak 435 orang wisudawan dari seluruh jenjang program studi. Pada kesempatan tersebut, disampaikan pula Orasi Ilmiah oleh Dr. Sapta Nirwandar yang memaparkan enrepreneurship dalam era MEA.

Web Wisuda03

Pada kesempatan tersebut disampaikan pula keberhasilan mahasiswa dalam meraih prestasi kompetisi antara lain:

  1. Juara I (Piet Cintya Mawar & Panbramsyah) Dan Juara III (Rani Kusumaningsih & Vicki) di Rare Mediium 2015 yang diadakan oleh MLA tingkat Nasional
  2. Memperoleh Medali Emas kategori Individual Practical Fruit and Vegetable Carving (Joko Yuwono) di SIAL Interfood 2015 tingkat ASEAN
  3. Memperoleh Medali Perunggu kategori Individual Practical Fruit and Vegetable Carving (Iqbal Fadila) di SIAL Interfood 2015 tingkat ASEAN
  4. Memperoleh Medali Perak (Awaludin Kamil) dan Medali Perunggu (Panbramsyah) kategori Non Pro Live Cooking Sea Food di SIAL Interfood 2015 tingkat ASEAN
  5. Memperoleh Medali Perak (Steven) kategori 1st Service Competition di SIAL Interfood 2015 tingkat ASEAN
  6. Memperolah Mendali Perunggu (Dony) kategori Coctail Competition di SIAL Interfood 2015 tingkat ASEAN
  7. Juara I dalam ajang kompetisi Fruit Carving (Iqbal Fadilah) di STP Bandung

Keberhasilan tersebut menggambarkan peningaktan prestasi mahasiswa dalam bidang keterampilan mereka.  Dengan diraihnya prestasi-prestasi tersebut, diharapkan para lulusan meningkatkan nilai tawar dan daya serap di industri. 


Monday, 07 December 2015 01:12

Wanita Juga Bisa Hebat di Kapal Pesiar

 

Adalah CAROL JEANETTE  SAHETAPY yang lulus Akademi Perhotelan dan Kepariwisataan Sahid tahun 1991 telah malang melintang berpengalaman di dunia kapal pesiar.  Berangkat sebagai waitress di Disneyland Cruiseline, ia berlayar ke penjuru dunia dan membawanya ke posisi Fine Dinning Royal Carriben Crusline.  Dengan Salari US$ 2.500 pada tahun 1997, ia memperoleh berbagai penghargaan dan prestasi selama bekerja di kapal pesiar.  Menurutnya, berbekal tekad dan percaya diri yang didukung oleh kemapuan berkomunikasi, disiplin tinggi dan pekerja keras adalah modal utama bekerja di Kapal Pesiar.  Bagi Alumni STP Sahid ayo bergabung dengan dunia hotel terapung alias Cruiseline untuk suatu perubahan dalam hidup. 

Sunday, 22 November 2015 18:59

Sabet Dua Piala di Ajang MLA CUP 2015

rareweb1a

Kegembiraan terpancar di wajah pasangan Piet Cintya Mawar dengan Panbramsyah dan pasangan Rani Kusumaningsi dengan Vicki, mahasiswa STP Sahid yang telah berhasil mengalahkan para kompetitor pada ajang Rare Medium Cup 2015 yang diselenggarakan oleh MLA.  Rare Medium Cup merupakan ajang kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Meat Livestock Australia sebagai ajang pencarian bakat juru masak muda dalam mengolah makanan berbahan baku daging.  Kedua pasangan tersebut telah mengalahkan pasangan-pasangan kompetitor lainnya dari Perguruan Tinggi lainnya di Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

Dengan diraihnya dua piala ini, telah mengokohkan mahasiswa STP Sahid sebagai perahi Prestasi Terbanyak di tahun ini.  Semoga tahun-tahun berikutnya Mahasiswa STP Sahid dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi dalam berkompetisi. (m@ya)


Showlist data is not configured

Ucapan selamat kepada para mahasiswa peraih Medali di ajang bergengsi SIAL Interfood 2015 yang digelar tanggal 11-14 November 2015 di JIE Kemayoran Jakarta.  SIAL Interfood 2015 merupakan Jaringan Exhibisi Food and Beverages terbesar di dunia yang sudah berpengalaman 50 tahun dan berjalan tahun ke-14 di Indonesia.

Pada kesemapatan ini, Mahasiswa STP Sahid bertanding dengan para professional dari Industri dalam kompetisi:  

  1. Individual Practical Fruit and Vegetable Carving. Mahasiwa STP Sahid berhasil meraih Medali Emas atas nama Joko Yuwono dan Medali Perunggu atas nama Iqbal Fadila. 
  2. Non Pro Live Cooking Sea Food.  Mahasiswa STP Sahid meraih dua Medali yaitu Medali Perak atas nama Awaludin Kamil dan Medali Perunggu dirahi oleh Panbramsyah.
  3. 1st Service Competition memperoleh Medali Perak atas nama Steven
  4. Coctail Competition memperolah Mendali Perunggu atas nama Dony.

Perlombaan ini diikuti oleh peserta dari berbagai hotel dan perguruan tinggi pariwisata di Indonesia. Untuk lomba service sendiri yang diselenggarakan oleh IFBEC  diikuti oleh 108 peserta dari 35 hotel dan 3 Sekolah Tinggi Pariwisata.  Dengan meraih enam mendali tersebut maka kemampuan mahasiswa STP Sahid dapat bersaing dengan mereka yang sudah bekerja di Industri.  Oleh karena itu, maka sangat wajar para juara langsung memperoleh tawaran bekerja di berbagai hotel dan asosiasi peserta eksibisi.   Atas nama Civitas akademika STP Sahid mengucapkan terima kasih dan selamat, kepada para peserta dan official yang bekerja keras mendampingi mahasiswa untuk bertandi di ajang bergengsi tersebut.  Sekali lagi selamat. (m@ya)


Tuesday, 10 November 2015 13:56

STP Sahid Terima Manajemen AWARD

 

Manajemen Award

Penganugerahan Management Award merupakan penghargaan Yayasan Pendidikan Sahid Jaya kepada Unit Pendidikan yang berhasil memenuhi kriteria keberhasilan pengelolaan pendidikan.  Dalam menentukan penerima anugerah ini, telah ditetapkan berdasarkan penilaian kinerja pimpinan lembaga pendidikan di lingkungan Yayasan Sahid Jaya.  Adapun parameter kinerja tersebut adalah penggunaan anggaran, pertumbuhan pendapatan, rasio terhadap jumlah karyawan, rasio investasi untuk pengembangan SDM, dan pemelihataan sarana belajar, penerapan teknologi informasi, nilai akreditasi program studi, kaderisasi kepemimpinan, ketaan menjalanakan rekomendasi internal audit dan kebijhakan yayasan.

Berdasarkan kriteria tersebut, STP Sahid tahun ini telah melapau target pertumbuhan dan hampir seluruh kriteria terpenuhi termasuk seluruh Program Studi mencapai Akreditasi A. Dengan tercapainya kriteria tersebut, STP Sahid adalah PEMENANG MANAJEMEN AWARD  untuk seluruh kriteria pada tahun ini.  Selain Piagam Penghargaan, juga menerima cek tunai sebagai penghargaan atas ketercapaian tersebut.  Semoga STP Sahid dapat mempertahankan capaian ini dan meningkatkannya [m@aya].

Page 1 of 4

Event

Last month April 2018 Next month
S M T W T F S
week 14 1 2 3 4 5 6 7
week 15 8 9 10 11 12 13 14
week 16 15 16 17 18 19 20 21
week 17 22 23 24 25 26 27 28
week 18 29 30
Last month May 2018 Next month
S M T W T F S
week 18 1 2 3 4 5
week 19 6 7 8 9 10 11 12
week 20 13 14 15 16 17 18 19
week 21 20 21 22 23 24 25 26
week 22 27 28 29 30 31
Last month June 2018 Next month
S M T W T F S
week 22 1 2
week 23 3 4 5 6 7 8 9
week 24 10 11 12 13 14 15 16
week 25 17 18 19 20 21 22 23
week 26 24 25 26 27 28 29 30

Agenda and Events

No events
Go to top