+62 21 7402329  | Jl. Kemiri Raya No. 22. Pondok Cabe, Kota Tangerang Selatan, Banten 15418

Sistem Perkuliahan
Setelah memenuhi persyaratan yang ditetapkan, mahasiswa berhak mengikuti kegiatan perkuliahan. Perkuliahan terdiri dari kegiatan-kegiatan akademik :
a. Kegiatan online
b. Kegiatan di kelas

    • Ceramah dikelas
    • Praktikum di Lab

c. Kegiatan online dengan teknologi ITC
d. Kegiatan di Industri

    • Industrial Visit untuk mata kuliah tertentu
    • PKL (Praktek Kerja Lapangan)
    • Pemagangan

e. Penyusunan Proposal

 

Khusus untuk perkuliahan ceramah mencakup tiga jenis kegiatan, yaitu :
a. Tatap Muka Terjadwal.

Kegiatan ini berbentuk pemberian kuliah di kelas dengan alokasi waktu terkecil 50 menit untuk teori dan 100 menit praktek dalam satu kali tatap muka selama satu semester, disebut satuan kredit semester (sks).
Setiap mahasiswa diwajibkan menghadiri perkuliahan dari setiap mata kuliah minimum 75% dari total keseluruhan tatap muka. Apabila tidak mencapai jumlah kehadiran minimum, mahasiswa yang bersangkutan tidak diperkenankan mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS) Teori dan Praktek untuk mata kuliah yang bersangkutan.

b. Kegiatan Terstruktur

Kegiatan ini berbentuk pelaksanaan tugas atau kegiatan mandiri yang diberikan oleh dosen yang bersangkutan. Penugasan tersebut dapat berupa:

    1. Menganalisis sebuah topik sesuai dengan mata kuliah
    2. Mendiskusikan sebuah masalah untuk dibuat solusinya
    3. Menyusun makalah
    4. Simulasi/Games
    5. Membuat/Mempresentasikan materi pembelajaran

Setiap mahasiswa membuat dan melaksanakan tugas atau pekerjaan rumah tersebut. Nilai tugas tersebut diperhitungkan sebagai komponen untuk menentukan nilai akhir.

c. Kegiatan Mandiri.

Pada kegiatan mandiri mahasiswa dengan inisiatif sendiri mendalami materi perkuliahan, baik melalui pembentukan kelompok belajar, membaca buku di perpustakaan, berdiskusi, mengunjungi industri terkait dan lain-lain. Kegiatan mandiri berlangsung 60 menit dalam satu minggu untuk setiap satu sks tatap muka.

Ketiga kegiatan akademik tersebut merupakan satu kesatuan, artinya setiap tatap muka harus diiringi dengan kedua kegiatan berikutnya, terstruktur dan mandiri.

 

KURIKULUM
Sesuai dengan kuputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor:232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, jumlah sks kurikulum di Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid adalah sebagai berikut :

  1. Program Studi Diploma I berjumlah 40-44 SKS
  2. Program Studi Diploma III berjumlah 110-120 SKS
  3. Program Studi Diploma IV berjumlah 144-156 SKS

Kampus Utama

Go to top