Pondok Cabe, Rabu 14 September 2016

Waroeng Prancis (WP) merupakan tempat informasi mengenai Prancis bertempat di Perguruan Tinggi di Indonesia. Warung Prancis tidak hanya memberikan informasi mengenai kebudayaan Prancis, tetapi juga mengenai studi di Prancis serta beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Prancis. Saat ini, sudah dibuka 35 WP di Indonesia dan di STP Sahid merupakan yang ke-36 atau yang pertama di Sekolah Tinggi Pariwisata.

Peresmian diawali dengan penandatangan MoU antaran Ketua STP Sahid dengan Kedutaan Besar Perancis yang diwakili oleh Mr. Antoine Devoucoux du Buysson selaku Atase Kerjasama Unibersitas sekaligus Direktur program SHARE dan disaksikan oleh Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya Dr. Nugroho B Sukamdani, MBA BET dan Direktur SEAMOLEC serta Lucille SANCHO (Koordinator kerjasama universitas Kedubes Prancis).

WP ini merupakan kelanjutan kerjasama ini dibuka merunut ke tahun 2008 silam, ketika Atase Pendidikan sebelumnya, Bapak Dominic Dubois dan support yang kami dapatkan dari  Kementrian Pendidikan (BPKLN) untuk dapat menjalin kerjasama U to U dengan salah satu universitas di Perancis yaitu University D’Angers. Ternyata institusi kami dan University D’Angers dapat berbagi tujuan dan misi yang sepaham, kerjasama kami terjalin begitu erat. Dalam kerjasama yang kami lakukan selama ini, kami sudah sangat banyak bertukar ilmu, bertukar peneliti, bertukar pelajar, dan keakraban ini menjadikan dua rekan yang  terpisah ribuan kilometer jauhnya menjadi sudah seperti keluarga sendiri. Semenjak 2008, kerjasama yang dijalin STP Sahid dan University D’Angers merupakan kerjasama Double Degree yang merupakan kerjasama untuk dapat membuat suatu program yang  memberikan gelar ganda terhadap mahasiswa kami. Di tahun- tahun berikutnya kami berkolaborasi dalam penelitian internasional  bidang pariwisata dan bidang terkait juga mengirimkan calon doktor kami kesana. Hasilnya beberapa penelitian kami diseminarkan di beberapa event nasional dan internasional. Selanjutnya Program Double Degree yang telah berjalan kurang lebih hampir 9 tahun ini selalu mendapat dukungan dari pemerintah Perancis juga Pemerintahan Indonesia. Sampai dengan saat ini STP Sahid telah mengirimkan mahasiswa kami sebanyak 32 orang untuk mengikuti Double Degree begitupula University D’Angers telah mengirimkan 15 orang mahasiswanya untuk belajar di STP Sahid dalam jenjang S1 dan S2. 

Showlist data is not configured

Dalam Program Kerjasama Internasional ini, Kedutaan Besar Perancis di Indonesia dari tahun ke tahun selalu mensupport dalam hal persiapan keberangkatan seperti  persiapan bahasa, pengurusan dokumen, perijinan, dan visa. Dari waktu ke waktu, STP Sahid juga selalu menjalin hubungan baik dengan Kedutaan Besar Perancis terutama pada event tahunan seperti Pekan Cita Rasa / La Semaine Du Gout dan event lainnya.

Dengan latar belakang relasi yang sangat erat ini, kami memutuskan untuk menjalin kerjasama lebih intim lagi dengan Kedutaan Besar Perancis untuk dapat mempunyai perwakilan kedubes Perancis di STP Sahid. Warung Perancis merupakan tempat dan pusat informasi mengenai Perancis yang bertempat di Perguruan Tinggi di Indonesia. Warung Perancis tidak hanya memberikan informasi seputar kebudayaan Perancis, tetapi juga melingkupi informasi studi di Perancis serta beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintahan Perancis. Warung Perancis menyediakan berbagai media seperti buku, CD, DVD, majalah Perancis, dan Brosur tentang kegiatan IFI, studi di Perancis dan Beasiswa. Warung Perancis sudah berkembang di universitas dan politeknik di seluruh indonesia dan kini di STP SAHID. Besar harapan kami, Warung Perancis STP Sahid akan menjadi salah satu yang terbaik dan membuka kepada kerjasama yang lainnya. Diharapkan dengan diresmikannya Warung Perancis STP Sahid Jakarta, jalinan hubungan antara STP Sahid dan Yayasan Sahid Jaya dengan pemerintahan Perancis dan institusi Perancis lainnya akan dirasakan semakin akrab dan saling mendukung satu dengan yang lainnya. Ke depannya akan banyak sekali tugas dan tantangan yang akan kami rencanakan, akan banyak kolaborasi dan kerjasama yang akan dicanangkan. Dengan ijin Tuhan YME, semoga ke depannya kooperasi ini akan menjadi cikal bakal banyak kerjasama dan kolaborasi dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pariwisata pada umum dan khususnya. Dengan mengucap Bismillah..., kami meresmikan warung perancis STP Sahid, Jakarta