BedahProposal

Upaya meningkatkan kualitas riset tidak dapat dilakukan dengan cara instan, oleh karena itu peningkatan harus dilakukan secara berkesinambungan.  Oleh karena itu, upaya secara sistematis dan terarah perlu ditingkatkan dengan melakukan berbagai pelatihan dan magang penelitian.   Salah satu kegiatan yang dilaksanakan hari Senin, 14 April 2014 adalah membedah proposal yang diharapkan dapat didanai oleh sumber-sumber dari luar institusi.

Dengan mengundang  Prof. Didik Sulistyanto sebagai nara sumber, peserta sangat antusias mengikuti dan termotivasi untuk melakukan berbagai skema penelitian.

Menurutnya, penelitian bidang pariwisata masih sangat sedikit dibandingkan dengan penelitian lainnya, padahal sektor pariwisata telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian, ketenagakerjaan, seni budaya dan lingkungan. Dalam mengurangi angka kemiskinan, pariwisata telah berkontribusi segara global  antara lain dengan program pro-poor tourism yang dirintis sejak awal tahun 2000-an.  Conmmunity based tourism juga telah memberikan manfaat besar bagi peningkatan kapasitas masayrakat di daerah tujuan wisata. Untuk meningkatkan riset bidang pariwisata tersebut, dapat menggunakan berbagai sumber dana penelitian, selain sumber-sumber dari APBN melalui Dikti untuk para Dosen, juga penelitian dari kementrian lainnya termasuk dana dari Kementrian Keuangan, Kemenristek dan lain lain.[m@ya]