sertilisenBNSPSeritikat License LSP Sahid untuk menyelenggarakan uji kompetensiApa itu LSP?

LSP singkatan dari Lembaga Sertifikasi Profesi, merupakan kelembagaan sertifikasi kompetensi profesi yang dilisensi oleh otoritas sertifikasi, di Indonesia kita kenal BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). LSP ini mempunyai tugas memberikan pelayanan asesmen dan sertifikasi kompetensi profesi. Dalam sertifikasi kompetensi, LSP mempunyai peran memastikan dan memelihara kompetensi. Pembentukan LSP ini merupakan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 23 tahun 2004.

Apakah Tujuan Sertifikasi Profesi?

Tujuan sertifikasi profesi adalah untuk memastikan dan memelihara kompetensi yang telah didapat melalui proses pembelajaran baik formal, non formal, pelatihan kerja, ataupun pengalaman kerja. Karena dalam dunia kerja kompetensi harus dipelihara, bukan hanya pernah kompeten, tetapi kompeten dan terus kompeten.

Kedudukan, Fungsi, Tugas dan Wewenang LSP

Kedudukan LSP, adalah organisasi tingkat nasional yang berkedudukan di wilayah Republik Indonesia, dan dapat memiliki cabang yang berkedudukan di kota lain. Fungsi dan tugas LSP, sebagai:

  • Sertifikator (certificator), melaksanakan sertifikasi kompetensi,
  • Sebagai pengembang (developer), melakukan pengembangan pelayanan asesmen dan sertifikasi, pemeliharaan dan pengembangan standar kompetensi. 

Wewenang LSP secara umum:

  • menetapkan biaya asesmen,
  • menerbitkan sertifikat kompetensi,
  • mencabut/membatalkan sertifikat kompetensi,
  • menetapkan TUK,
  • memberikan sanksi kepada asesor dan TUK yang melangggar aturan,
  • Mengusulkan revisi dan pengembangan standar kompetensi baru.

LSP STP SAHID

STP Sahid sudah memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi-P1 terlisensi dengan Nomor: BNSP-LSP-110-ID sejak 13 September 2013, LSP STP Sahid diselenggarakan untuk menjamin lulusan yang berkompeten di Bidang Pariwisata. Dalam pengembangannya, LSP STP Sahid juga membutuhkan banyak asesor untuk memenuhi kebutuhan Uji Kompetensi, sehingga dinilai sangat penting diadakannya kegiatan pelatihan asesor bidang pariwisata