Research

WORKSHOP “KIAT SUKSES PENELITIAN DAN PENGABDIAN DIKTI TAHUN 2016,” telah dilaksanakan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) pada Rabu, 6 April 2016 di Kampus Pondok Cabe, STP Sahid. Narasumber adalah Prof. Dr. Ir. Didik Sulistyanto selaku Reviewer Penelitian Nasional dan Eks. Atase Pendidikan KBRI Bangkok. Dalam workshop ini dipaparkan tentang Aspek Penting dan Kiat-kiat Penyusunan Proposal Riset dan Kemenristekdikti dengan mengacu pada Panduan Edisi 10 Tahun 2016. Kegiatan ini dihadiri oleh 35 perserta workshop yang terdiri dari para dosen. Hadir pula undangan, yaitu Prof. Dr.Kohar Sulistyadi MSIE yang sebelumnya merupakan Rektor Universitas Sahid Solo dan sekarang menjabat sebagai Direktur Eksekutif Yayasan Sahid Jaya bersama tim. Dari kegiatan ini diharapkan kedepannya para dosen STP Sahid semakin giat dengan penelitian dan pengabdian khususnya dalam bidang pengembangan pariwisata. Sukses selalu STP Sahid dalam penelitian dan pengabdian masyarakat. Amin.

[Jakarta, Kamis 3 Maret 2016]  Bertempat di Gedung Ali Wardhana, tiga institusi perguruan tinggi diundang untuk menandatangani kontrak hibah penelitian LPDP tahun 2016.  Ketiga institusi  tersebut adalah LPPM UNIVERSITAS GADJAH MADA, LPPM INSTITUT PERTANIAN BOGOR, dan SEKOLAH TINGGI PARIWISATA SAHID. Menurut Direktur Utama LPDP Eko Prasetyo, sejak diluncurkan hibah ini tahun 2012 baru terpilih 59 penelitian yang didanai.  Adapun untuk topik terkait Pariwisata baru pertama kalinya STP Sahid lolos seleksi. Penelitian yang diusulkan oleh Dr. Yohanes Sulistyadi sebagai dosen senior di STP Sahid, mengambil tema Ekowisata sebagai Kawasan Strategis Nasional.

Dengan lolosnya seleksi terebut, diharapkan menjadi pemicu kepada para dosen mudah untuk lebih giat melakukan penelitian sebagai bagian dari tridharma perguruan tinggi yang diemban oleh setiap dosen. bravo STP Sahid.

Sebagai bagian dari pertanggungjawaban dosen penerima hibah penelitian tahun 2015 yang lalu, para dosen memaparkan hasil penelitiannya untuk diseminasi kepada masyarakat.  Pada kesempatan ini, hadir pula nara sumber bapak Nursal dari Kopertis Wilayah III yang menyampaikan informasi berbagai skim penelitian yang bersumber dari hibah Dikti. Menurut beliau tahun 2016 ini, STP Sahid berada pada urutan ke-21 dari 300 Perguruan Tinggi yang ada di Wilayah Kopertis III.  Disampaikan pula, bahwa tahun ini ada 62 Perguruan Tinggi yang menerima Hibah di Kopertis Wilayah III. 

Para dosen yang memaparkan hasil penelitiannya tahun 2015 juga memperoleh kesempatan untuk melanjutkan penelitiannya di tahun kedua.  Dari beberapa penelitian yang dipresentasikan diantaranya sudah ada yang memperoleh penilaian best paper pada seminar nasional hasil penelitian yang diselenggarakan oleh Universitas Terbuka.

Sebagai rangkaian dari kegiatan hari jadi ke-33 Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Jakarta hari ini Jumat 19 Pebruari 2016 bertempat di Kampus Pondok Cabe diselenggarakan seminar "MENUJU JURNAL TERAKREDITASI".  Pada kesempatan yang dihadiri oleh beberapa pengelola Jurnal dari berbagai perguruan Tinggi antara lain Univ. Sahid Jakarta, Univ. Terbuka,  Univ. Pakuan, Univ. Bunda Mulia, Univ. Peita Harapan, UNIKA Atmajaya, STIE Bisnis Indonesia, STIE Ahmad Dahlan, Institute Teknologi Indonesia, dan dari STP Sahid Sendiri.  

Prof. Ali Saukah sebagai narasumber, menyampaikan bahwa pengelolaan jurnal berakreditasi hendaknya digarap secara professional dan memiliki tujuan dari terbitnya jurnal tersebut.  Tujuan tersebut antara lain untuk menjadi jurnal terakreditasi secara nasional (ARJUNA), Internasional atau hanya untuk kepentingan lokal.   Untuk menjadi jurnal terakreditasi secara nasional, minimal harus memperoleh skor penilaian sekurang-kurangnya 70 point.  Skor penilaian tersebut diperoleh dari beberapa kriteria, antara lain pengelolaan, substansi, keberkalaan dan terbit secara online.  

Selamat kepada para dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Jakarta yang memperoleh pendanaan dalam penelitian tahun 2016.  Berdasarkan Surat Direktur Riset dan Pengabdian Kepada  No. 0299/E3/2016, tanggal 27 Januari 2016 ada delapan dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid yang lolos kompetisi hibah bersaing yang sumber pendanaannya dari Kementrian Ristek Dikti. Selain itu, berdasarkan Dewan Direksi LPDP, No. KEPDIR-42/LPDP/2015 tertanggal 26 November 2015, Dosen atas nama Dr. Yohanes Sulisyadi telah berhasil memperoleh Hibah Penelitian dengan Judul Strategi Pengembangan Ekowisata Kepulauan Seribu sebagai Kawasan Strategi Pariwisata Nasional.  Adapun pemenang hibah penelitian tersebut adalah sebagai berikut:

Dosen STP Sahid Pemenang Hibah Penelitian tahun 2016hibah2016

Selamat kepada para pemenang