Jalur Reguler

  • Membayar biaya pendaftaran ke bank yang sudah ditunjuk,
  • Menyerahkan syarat pendaftaran  berupa:
  1. Surat tanda lulus Sekolah Menengah Umum (SMU)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah (MA) atau menyerahkan fotokopi rapor semester 4 atau 5 bagi siswa kelas XII untuk tahun ajaran 2015/2016,
  2. Fotokopi surat tanda pengenal diri, yaitu: Kartu Siswa atau Kartu Tanda Penduduk atau Surat Izin Mengemudi atau Surat Keterangan Pelajar dari Kepala Sekolah,
  3. Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKCK) dari kepolisian
  4. Pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 (dua) lembar dan ukuran 4 x 6 cm sebanyak 2 (dua) lembar berlatar belakang biru
  5. Surat keterangan sehat dari dokter

 

Jalur Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB)

PSB adalah pola penerimaan calon mahasiswa melalui seleksi prestasi Bidang Akademik dan Minat-Bakat.  Semua program studi menerima jalur PSB dengan pengaturan kuota.  Jalur PSB ini terdiri dari tiga kategori, yaitu (1) Siswa Berprestasi Bidang Akademik, (2) Siswa Berprestasi Bidang Olah Raga dan Seni serta (3) Bibit Unggul Tidak Mampu.

Kategori Siswa Berprestasi Bidang Akademik

Kategori ini ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik yang tinggi atau sebagai pemenang kompetisi bidang ilmu pengetahuan tingkat provinsi, nasional atau internasional (seperti olimpiade sains, lomba karya ilmiah remaja, LKS).

Syarat Pendaftaran Dokumen yang dipersyaratkan adalah:

  1. Fotokopi rapor yang dilegalisir oleh pihak sekolah dengan syarat nilai rata-rata minimal 8 (delapan) pada semester 3 dan 4 (bila pendaftaran pada PSB I) atau semester 4 dan 5 (bila pendaftaran dilakukan pada PSB II).
  2. Surat keterangan berkelakuan baik dari sekolah yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah;
  3. Menyerahkan pas foto berwarna terbaru berlatar belakang biru  ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 (dua) lembar dan ukuran 4 x 6 cm sebanyak 2 (dua) lembar. 
  4. Menyertakan bukti biaya pendaftaran sebesar Rp350.000,00 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah);
  5. Fotokopi sertifikat pemenang kompetisi bidang ilmu pengetahuan tingkat propinsi, nasional atau internasional selama berada pada jenjang Sekolah Menengah Atas atau sederajatnya yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah (jika ada).
  6. Fotokopi Hasil Nilai Ujian Nasional yang dilegalisir oleh pihak sekolah dengan syarat nilai mnimal 8 (delapan).
  7. usia maksimal 20 (dua puluh) tahun
  8. Biodata Diri (CV)

Kategori Siswa Berprestasi Bidang Olah Raga, Seni  dan bidang Non Akademik lainnya

Kategori ini ditujukan bagi siswa yang mempunyai bakat dan prestasi dalam bidang olah raga, seni dan bidang non akademik lainnya di tingkat internasional, nasional dan atau regional/provinsi.

Syarat Pendaftaran Dokumen yang dipersyaratkan adalah:

  1. Fotokopi rapor yang dilegalisir oleh pihak sekolah dengan syarat nilai rata-rata minimal 7 (tujuh) pada semester 3 dan 4 (bila pendaftaran pada PSB I) atau semester 4 dan 5 (bila pendaftaran dilakukan pada PSB II);
  2. Fotokopi sertifikat pemenang dalam kompetisi bidang ilmu olah raga, seni dan bidang non akademik lainnya
  3. Surat keterangan berkelakuan baik dari sekolah yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah;
  4. Menyerahkan pas foto berwarna terbaru berlatar belakang biru  ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 (dua) lembar dan ukuran 4 x 6 cm sebanyak 2 (dua) lembar.
  5. Menyertakan bukti biaya pendaftaran sebesar Rp350.000,00 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah);
  6. Pemenang lomba keterangan siswa (LKS) bagi siswa SMK, Tingkat Nasional/Provinsi/Kabupaten.
  7. Biodata Diri (CV)
  8. Fotokopi Hasil Nilai Ujian Nasional yang dilegalisir oleh pihak sekolah dengan syarat nilai mnimal 7 (tujuh)

Kategori Siswa Bibit Unggul Tidak Mampu

Ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik yang sangat tinggi dan tidak mampu secara ekonomi. Khusus kategori ini, siswa yang dinyatakan diterima diberikan beasiswa berupa dibebaskan biaya studi yang meliputi SPP (maksimal 8 semester) dan sumbangan lainnya. Mahasiswa dikenai evaluasi prestasi setiap semester, dan beasiswa ini dapat dicabut bila siswa tidak menunjukkan prestasi yang disyaratkan sebagai penerima beasiswa.

Syarat Pendaftaran Dokumen yang dipersyaratkan adalah:

  1.  Fotokopi rapor yang dilegalisir oleh pihak sekolah dengan syarat nilai rata-rata minimal 8,5 (delapan koma lima) pada semester ke-1, 2, 3 dan 4 (bila pendaftaran dilakukan pada PSB I) atau semester 1, 2, 3, 4 dan 5 (bila pendaftaran dilakukan pada PSB II);
  2. Surat Keterangan Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa siswa yang bersangkutan masuk ranking sekolah 10 (sepuluh) besar pada semester ke-1, 2,3 dan 4 atau semester ke-1,2, 3, 4 dan 5;
  3. Surat keterangan berkelakuan baik dari sekolah yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah;
  4. Menyerahkan pas foto terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 1 (satu) lembar;
  5. Surat keterangan tidak mampu dari Kecamatan dan menyertakan fotokopi Kartu Keluarga Miskin (Gakin) yang dilegalisir oleh Camat. Bila diperlukan, STP Sahid Jakarta  akan melakukan pemeriksaan secara langsung.